Tapanuli-Mengunjungi 3 Kabupaten/Kota dalam 3 hari. | Hiking lab

Tapanuli-Mengunjungi 3 Kabupaten/Kota dalam 3 hari.

  
sibolga tapanuli





Kali ini saya akan menceritakan pengalaman mengunjuni Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Tapanuli Selatan, dan Kota Sibolga di Propinsi Sumatera Utara.

Sebenarnya tujuan kepergian saya adalah ke Kota Padang Sidempuan di Kabupaten Tapanuli Tengah. Setelah memesan tiket di agen travel langganan, saya mendapat tiket pesawat dengan kode bandara tujuan  FLZ untuk tujuan Sibolga. Ternyata bandara terdekat untuk mencapai Sipirok adalah bandara Ferdinand Lumban Tobing, yang terletak di Kota Pinangsori. Bikin bingung ya…


Untuk mencapai bandara Ferdinand Lumban Tobing, saya harus transit di bandara Kuala Namu Medan kemudian lanjut ke bandara Ferdinand Lumban Tobing dengan pesawat ATR. Bandara ini juga melayani pesawat tujuan Nias.

sibolga tapanuli
Setiba di Kota Pinangsori dimana Bandara Ferdinand Lumban Tobing berada, saya dijemput untuk langsung ke Kota Padang Sidempuan di Kabupaten Tapanuli Selatan. Waktu perjalanan sekitar 2 jam. Jalan  yang ditempuh berkelok-kelok dan banyak yang berlubang parah. Sepanjang kiri kanan jalan mula-mula banyak ditemukan pohon durian dan manggis. Saya sempat membeli durian dan manggis dipinggir jalan. Harganya super duper murah. Sebuah durian dengan daging buah warna kuning dan rasanya manis hanya seharga Rp. 5.000,-!! Itupun sudah dibuka oleh yang jual dan kita tinggal makan J

Semakin mendekati kota Padang Sidempuan, kita akan menjumpai perkebunan salak,kelapa sawit, dan karet. Padang Sidempuan memang terkenal sebagai kota salak. Sebuah tugu dengan puncak berbentuk buah salak berdiri di tengah kota.

sibolga tapanuli
Kota Padang Sidempuan terletak di cekungan/lembah yang dikelilingi bukit-bukit. Udaranya segar meskipun matahari bersinar terik. Transportasi dikota ini menggunakan angkot dan bentor (becak motor). Mayoritas masyarakat beragama Islam dan memakai kerudung.

Saya menginap di hotel Mega Permata yang berada di tengah kota. Cukup bagus dan bersih dengan harga yang relative terjangkau. Ternyata ada grup touring motor Ducati yang menginap di hotel tersebut, menurut informasi dari pihak hotel, grup touring motor besar cukup sering melintas di Kota Padang Sidempuan. Umumnya berasal adri Kota Medan yang menuju ke Padang, maupun sebaliknya.
sibolga tapanuli

Setelah semalam menginap di Kota Padang Sidempuan, tujuan saya yaitu kembali ke Bandara Ferdinand Lumban Tobing. Tetapi ternyata tidak ada hotel disekitar bandara tersebut. Hotel yang terdekat berada di Kota Pandan, Ibukota Kabupaten Tapanuli Tengah, terletak sekitar 20 km dari bandara. Akhirnya saya naik mobil angkutan umum L 300 jurusan Sibolga dengan tariff Rp. 30.000,-, yang nantinya akan melewati Kota Pandan. Rencananya saya akan menginap di Hotel Bumi Asih. Jalur menuju Kota Pandan sebenarnya sama dengan jalur menuju ke bandara, akan tetapi setelah sampai di Kota Sipirok, mobil akan berbelok ke kanan, sementara untuk ke bandara, mobil berbelok ke kiri. Sekitar 1,5 jam, mobil sampai di Kota Pandan. Kotanya kecil dan berada di jalur antara Kota Pinangsori dan Kota Sibolga. Sempat bingung mencari-cari hotel Bumi Asih dan kaget sekaligus menyesal ketika melihat ada hotel Pia bertingkat 4 yang berada di tepi pantai dengan pemandangan bagus. Kenapa tidak booking di hotel ini saja? Akhirnya setelah bertanya kepada penduduk setempat, ternyata hotel Bumi Asih adalah hotel Pia, namanya saja yang berubah hahaha…

sibolga tapanuli

sibolga tapanuli

sibolga tapanuli

sibolga tapanuli

sibolga tapanuli

sibolga tapanuli

sibolga tapanuli

sibolga tapanuli

sibolga tapanuli

sibolga tapanuli

sibolga tapanuli

sibolga tapanuli

sibolga tapanuli

sibolga tapanuli

sibolga tapanuli

sibolga tapanuli



0 Response to "Tapanuli-Mengunjungi 3 Kabupaten/Kota dalam 3 hari."

Post a Comment