4 hal yg dilakukan ketika tersesat | Hiking lab

4 hal yg dilakukan ketika tersesat

 

 

 

ketika tersesat,apa yang harus dilakukan?

 

Banyak pendaki yang hilang,atau ditemukan meninggal dunia dalam perjalanan penyebab utamanya banyak yg karena awalnya adalah tersesat.karena beberapa faktor alam,fisik dan psikologis hingga sulit untuk mencari jalan keluar malah justru semakin memperparah keadaan.

 

Untuk menghindari kejadian serupa (semoga tidak terjadi) maka ada perlunya menengok dan memikirkan kembali ketika tersesat apa yang harus dilakukan dalam menghadapi hal-hal yang tidak terduga prepare for the worst.

Ingat lah akronim yang banyak digunakan oleh penggiat petualangan alam bebas yang dipopulerkan oleh Emergency Response Institute of Olympia:

berikut ini ada lah tips yang mudah diingat untuk dilakukan bila tersesat ketika mendaki gunung.

S-T-O-P. Stop, Think, Observe and Plan.

 Stop : Berhenti ketika secara psikologis merasakan ketidak nyamanan dengan situasi dan lingkungan sekitar.berhentilah!,jangan panik.perhatikan kondisi fisik dan psikologi teman perjalanan.tunggulah bila ada yg tertinggal.perhatikan tanda-tanda kelelahan fisik rekan perjalanan anda atau tanda-tanda gagal fokus atau emosi berlebihan.bila hal ini terjadi,duduk,diam,tenangkan pikiran minum atau memasak makanan untuk memulihkan energi dan pikiran.hal ini banyak membantu dalam mengembalikan fokus pikiran,meredam emosi dan mengembalikan kekuatan fisik.

Think :Berfikirlah.dapatkah anda mengingat kembali titik lokasi terakhir yang anda ingat atau terasa familiar?.adakah sesuatu yg bisa menjadi pijakan atau panduan arah seperti batu,pohon,percabangan jalan,bukit,sungai atau lainnya .pikirkanlah kemungkinan untuk dapat mencapai titik lokasi tersebut.bila memungkinkan perlahan kembalilah ke lokasi tersebut sambil menandai jalan yg dilalui.
note:perhitungkan kecukupan logistik dan kondisi pribadi dan rekan perjalanan.

Observe:Observasi lingkungan, Rasakan dengan penuh kesadaran dan kewaspadaan,adakah titik tertentu yang dapat membantu mengingat perjalanan hingga mencapai titik keberadaan saat ini?.dapatkah digunakan sebagai penunjuk jalan untuk membimbing kelokasi yg dituju yang menurut anda cukup aman atau dikenali?usahakan kembali kelokasi tersebut.bila tidak,tetaplah berdiam di tempat karena rescuer akan lebih mudah mencari dengan menggunakan petunjuk jalur utama yang anda dilalui.

Plan :Rencana,rencanakan bagaimana rencana anda.diskusikan dengan rekan perjalanan. sampaikan dengan tegas saat menyampaikan rencana kepada rekan perjalanan untuk menghindari salah persepsi dan miskomunikasi.perhitungkan dengan matang setiap rencana.bila dirasa masuk akal/rasional ikuti rencana tersebut dan jalankan.
catatan:bila terjadi perubahan situasi baik faktor alam atau manusia saat menjalankan rencana tersebut.gunakan kembali S-T-O-P untuk kembali meningkatkan kemungkinan pemulihan dan memperbesar kesempatan untuk selamat.


Tambahan:

-Camkan bahwa alam bebas bebas adalah tempat yang masih liar dan tidak terduga.jauh dari semua fasilitas baik rumah sakit,telefon,transportasi,warung,penjual minuman dan makanan dll.hal biasanya sepele yang terjadi di kota bisa sangat fatal bila terjadi di alam bebas.tetaplah waspada dan berhati-hati.jaga kondisi fisik dan mental.agar tetap stabil.kelelahan dapat mengganggu konsentrasi dan membuat keputusan irasional.pahami bahwa alam bebas adalah dunia dengan keadaan yg berbeda dengan perkotaan.

-Bawalah peralatan Pendakian Pesiapkan diri dengan dengan keahlian-keahlian vital yang diperlukan untuk hidup di alam bebas baik navigasi,PPGD (pertolongan pertama Gawat Darurat)basic life support,manajemen perjalanan,manajemen logistik dll. waspada dan bersiaplah untuk beradaptasi dengan hal-hal tak terduga.

Etika dalam Pendakian :


-penggiat petualangan alam bebas umumnya mencari ketenangan dan kesunyian yang jauh dari hiruk pikuk kota,hargailah hal tersebut juga dengan binatang dan mahluk hidup lain yang membutuhkan lingkungan yang alamiah.hindari mebuat suara-suara berlebihan dan hindari tindakan-tindakan yang tidak perlu yang memungkinkan mengganggu lingkungan.alam bebas bukan tempat ajib-ajib.


-bawa kembali semua yang dibawa,bungkus mie instan,botol air mineral,kertas tisue,bungkus permen apapun itu.karena dialam bebas tidak ada cleaning service atau tukang sapu yang akan membersihkan.tanamkan dan belajar dalam diri prinsip "leave no trace".jangan meninggalkan jejak apapun.agar alam tetap alami,tetap tampak tak tersentuh sebagaimana anda sendiri ingin melihatnya.dan habitat juga tidak terganggu.

-terakhir,nyantai dan nikmati:jadilah orang yang ramah dan siap membantu sesama pendaki atau penggiat alam bebas seperti saudaramu sendiri.begitu juga dengan habitat sekitar baik flora dan faunanya.nikmati dan syukuri keindahan alam yang diberikan Tuhan.


selamat berpetualang dengan selamat:)

 

0 Response to "4 hal yg dilakukan ketika tersesat"

Post a Comment