11 Peralatan penting mendaki gunung | Hiking lab

11 Peralatan penting mendaki gunung

     11 peralatan penting mendaki gunung yang penting Saat akan melakukan perjalanan baik itu pendakian sehari,pendakian panjang,backpacking atau ultralight hiking harus mengecek perlengkapan dan persiapan untuk perjalanan. tulisan ini dimaksudkan untuk membantu mempersiapkan kebutuhan perjalanan backpacking,perjalanan hiking atau kemping.

yang pertama di siapkan tentu saja tujuan perjalanan,estimasi waktu perjalanan,biaya akomodasi,dan fasilitas apa yang ada maupun tidak ada di lokasi tujuan.untuk kemungkinan kesulitan diperjalanan karena ada yang tertinggal atau membawa peralatan yang sebenarnya tidak perlu.bukannya membantu malah menghambat perjalanan maka 11 peralatan penting mendaki gunung ini perlu di pelajari.

bila semua Informasi sudah terkumpul,tentukan tas untuk membawa perlengkapan apakah daypack 35 liter ,45,atau 75 -80 liter.tergantung dari lama perjalanan dan peralatan yang akan di bawa. tentukan apakah harus membawa tas dengan internal frame dan hipbelt atau hanya daypack.

untuk Trip pendakian dengan durasi panjang hal-hal yg perlu di list ulang antara lain:


garmin Montana

1.Navigasi:

 Peta topografi  dan Kompas atau GPS,atau lebih baik lagi dua-duanya untuk dapat saling melengkapi dan lebih memudahkan dan terutama lebih akurat.apabila membawa GPS tetap bawa peta kontur dan kompas karena walaupun fitur GPS waterproof dan shockproof namanya benda elektronik kemungkinan kegagalan sistem tetap ada selain  itu kekurangan GPS adalah ketergantungan pada baterai.untuk mengantisipasi dua hal tersebut gunakan peta kontur dan kompas sebagai backup.


2.Alat Penerangan:

petzl-tikina
petzl Tikina
Gunakan alat penerangan yang yg ringan,praktis dan efisien dan konsumsi energi.pentingnya efisiensi dalam konsumsi energi adalah untuk menghindari membawa baterai yang banyak.gunakan headlamp yang bisa diandalkan dari produk yang sudah teruji kehandalannya dengan melihat review dari para pengguna.atau senter yg kecil ringan dan praktis. akan lebih baik bila waterproof karena kita tidak tahu apa yang akan dihadapi di alam bebas.bila harus membawa lentera gunakan lentera yang bisa di lipat,ringan dan multifungsi.
goal-zero-light-house-250-led-lanterns
GoalZero lighthouse 250 led lantern

 

 

 

 

 

3.Air:


untuk kebutuhan pribadi

osprey-hydraulics-reservoir-water-bladder-hydration
Osprey Hydraulics reservoir
Gunakan hidration atau botol air yang ulet tahan tekanan dan tidak mudah pecah untuk diletakan di dalam maupun diluar tas keril atau backpack.letakan di tempat yang mudah terjangkau karena dengan medan di alam bebas tubuh banyak mengeluarkan cairan karenanya tubuh harus mendapat banyak asupan cairan seringlah minum sedikit tapi sering lebih baik daripada banyak tapi jarang untuk menjaga kesehatan ginjal.

 

 

untuk kelompok/berkemah

nalgene-widemouth-cantene
Nalgene widemouth cantene
gunakan tempat air yang bisa dilipat menjadi kecil bila dalam keadaan kosong untuk memudahkan penyimpanan dalam backpack/keril  dan tidak memakan ruang.

juga perlu dipikirkan untuk membawa penyaring air/water filter karena walapun air sungai tampak jernih ada kemungkinan bakteri masih terdapat didalamnya,begitu juga air hujan yg jatuh diantara dedaunan ada kemungkinan kotoran binatang mengandung bakteri ikut didalamnya apalagi air genangan.


 

 

4.Nutrisi 

clif-bar-energy
Clif Bar Energy
Selain makanan berat selain nasi atau makanan instan lain bawa juga extra nutrisi dan snack.semua tergantung dr pola kebiasaan masing-masing.siapkan makanan untuk pribadi dan kelompok.selalu bawa makanan untuk extra yang awet untuk emergency dan situasi survival.

 

 

 

 

5.Kompor Lapangan,alat masak dan makan/minum:

MSR-whisperlite-international-stove
MSR whisperlite international stove
gunakan kompor lapangan yang sesuai terutama pilihlah kompor dr produsen yg memiliki reputasi terpercaya.jangan berjudi hanya karena murah tapi mudah rusak dan harus menanggung di tengah hutan apalagi sampai merusak kealamian alam dengan membuat api unggun.
pilihlah kompor dengan sistem yang paling sederhana untuk memudahkan perbaikan bila terjadi kegagalan dan gunakan kompor yang menggunakan jenis bahan bakar yg banyak atau umum tersedia di lokasi bisa gas,bensin,alkohol,spirtus dll.
packing rapi dalam satu set kompor,alatmasak dan perlengkapan makan,bahan bakar,penahan angin dan korek api.bawa juga korek api cadangan yg disimpan dalam tempat yang kedap air.
gsi-outdoors-pinnacle-backpacker-cookset
GSI Outdoors Pinnacle Backpacker Cookset

 

 

 

 

 

6.Alat kesehatan P3K :


sol-origin-survival-Kit
SOL origin survival Kit
Obat-obatan personal sesuai dengan kebutuhan dan obat-obatan kegawat daruratan atau emergency first aid kits
daftar obat dan alat pertolongan akan dibahas di artikel lain.sebagai contoh antara lain:kain steril,tissue antiseptic,obat luka,perban,dll.atau bisa juga di beli di apotek atau toko outdoor biasanya menyediakan satu set perlengkapan pertolongan pertama /first aid biasanya sudah disertakan emergency blanket didalamnya

 

 

 

  7.Jaket dan baju ganti


arc'teryx jackets
Arc'teryx fission insulated jacket
baju ganti,jaket,windstoper,celana lapangan,baju hangat dll.tidak usah terlalu banyak.bawa seperlunya.pilihlah baju dan celana yang berbahan ringan,kecil bila dilipat dan cepat kering bila terkena air.
begitu juga dengan jaket,sesuaikan ketebalan jacket dengan kondisi suhu lingkungan  yang akan di tempuh bisa double layer berbahan drawcord atau goosedown atau polartex dan windstoper.gunakan juga insulasi kepala atau umum disebut kupluk untuk menghangatkan bagian telinga.


 

 

8.Perlengkapan tidur:


sierra-designs-zissou-23-sleeping-bag
Sierra Designs Zissou 23 Sleeping Bag
Matras dan kantung tidur.gunakan matras yang ringan dan mampu menahan dingin dan lembab.biasanya menggunakan matras yg dilapisi alumunium foil yang berfungsi memantulkan panas tubuh sehingga suhu tubuh tidak hilang.begiitu juga dengan sleeping bag.gunakan sleeping bag yang sesuai karena berhubungan dengan berat dan kompresi.semakin tinggi fungsi insulasi sebuah sleeping bag biasanya akan semakin tebal dan berat.
gunakan sarung sleeping bag sebagai bantal dgn cara mengisinya dengan baju ganti dan jacket.agar tidur tetap nyaman dan tidak perlu membawa bantal.

 

 

9.Alas Kaki:


asolo-fugitive-GTX-hiking-boots-Men's
Asolo
Fugitive GTX Hiking Boots - Men's
Gunakan sepatu treking yang ber sol kasar agar tidak licin saat menginjak tanah yg basah.jugag  menutupi mata kaki bila medannya cukup berat agar kaki tidak terkilir, kaus kaki yang agak tebal.juga bawalah sandal yang ringan dan tipis mudah di packing untuk kebutuhan saat harus keluar masuk tenda.


 

 

 

 

10.Shelter/Tenda


Marmot-Catalyst-2P
Marmot Catalyst 2P
Gunakan tenda sesuai kebutuhan perorangan atau berkelompok.seuaikan dengan lokasi apabila lokasi yg dituju berhutan rapat,berkontur tidak rata hingga tidak memungkinkan mendirikan tenda.pikirkan untuk membawa hammock dan flysheet.bila memungkinkan mendirikan tenda bawalah tenda yg berbahan ringan namun kuat biasanya frame dan pasak berbahan dasar alumunium alloy.

11.Jas hujan:


persiapkan untuk menghadapi hujan dengan membawa raincoat atau ponco.raincoat memudahkan pergerakan namun ponco bisa multi fungsi sebagai flysheet maupun alas tidur.

yang terakhir namun tidak kalah pentinnya adalah kantong plastik dan tali:

bawalah beberapa meter tali prusik dan pisau lipat untuk kebutuhan sewaktu-waktu dan juga beberapa kantong plastik atau trashbag.berfungsi untuk melindungi bawaan agar tidak basah dan untuk membawa sampah agar alam tetap alami dan terganggu oleh sampah yang di tinggalkan.



Demikianlah secara singkat hal-hal yang essensial atau penting yang harus di persiapkan setiap merencanakan perjalanan pendakian.lainnya dapat ditambahkan atau disesuaikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing,seperti kacamata gelap,trekking pole dll





0 Response to "11 Peralatan penting mendaki gunung"

Post a Comment