mengenal Federasi Mountaineering Indonesia | Hiking lab

mengenal Federasi Mountaineering Indonesia

     

federasi-mountaineering-indonesia-loggo
loggo FMI

 

 Federasi Mountaineering Indonesia adalah organisasi resmi yang menjadi organisasi payung bagi organisasi pecinta alam nasional di indonesia.dibawah organisasi mountaineering dunia UIAA.sebelum lebih jauh mengenal tentang Federasi mountaineering Indonesia pertama kita harus perlu mengenal sejarah UIAA dan struktur organisasi dibawahnya.

 UIAA

     UIAA (Union Internationale des Associations d'Alpinisme) dalam bahasa inggris ( The International Climbing and Mountaineering Federation),atau federasi mountaineering dan climbing internasional Yang didirikan pada bulan agustus 1932 di perancis dihadiri oleh perwakilan dari 20 asosiasi mountaineering saat pertemuan alpine conggres dan mengangkat Count Charles Egmond d’Arcis dari swiss sebagai presiden UIAA dan memutuskan bahwa UIAA akan menjadi "federasi internasional yang bertanggung jawab atau menjadi wadah yang mengurusi pembelajaran dan menjadi solusi bagi semua yang berkaitan dengan mountaineering" atau dalam bahasa inggrisnya " an international federation which would be in charge of the "study and solution of all problems regarding mountaineering".

Struktur

Dibawah organisasi internasional UIAA adalah organisasi Nasional yg ada di tiap negara  yang menjadi payung bagi organisi di daerah,kabupaten kota hingga klub dan perorangan.Federasi Mountaineering Indonesia (FMI) dideklarasikan pada pertemuan atau saresehan Pendaki Gunung Indonesia 28 Agustus 2005dan baru ditetapkan dalam akte notaris pada tanggal 12 desember 2005 di LIPI (lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) jakarta dengan mengangkat Jodie alexander Tirie sebagai ketua umum pengurus besar (PB) Federasi Mountaineering Indonesia (FMI) dan terdaftar di kementrian Pemuda dan olahraga sebagai organisasi nasional resmi yang memayungi organisasi pendaki dan pecinta alam seluruh indonesia.

 

Struktur keorganisasian awal PB FMI adalah sebagaimana tergambar dalam tabel dibawah ini.



bagan-susunan-pengurus-besar-federasi-mountaineering-indonesia
Bagan susuan PB FMI




 sebagimana seharusnya sebuah organisasi yg mewadahi para pecinta alam yg bebas kepentingan politik namun menjunjung nilai-nilai nasionalisme sebagai organisasi nasional untuk membawa nama indonesia ke dunia internasional khususnya di bidang mountaineering maka Dasar dan prinsip dari Federasi Mountaineering Indonesia adalah UUD 45 dan Pancasila, dan Federasi Mountaineering Indonesia adalah organisasi Non-Profit dan tidak berafiliasi dengan partai politik manapun.

 


Visi Federasi Mountaineering Indonesia

Memasyarakatkan dan Mewujudkan Aktivitas Mountaineering Indonesia yang Profesional demi terciptanya Kesejahteraan dn Kemakmuran Bangsa.

Misi Umum Federasi Mountaineering Indonesia

1. Melestarikan semangat dan tradisi di kalangan pendaki gunung di Indonesia
2. Bersama-sama memajukan kegiatan pendakian gunung yang aman dan beretika
3. Bersama-sama menjaga kegiatan pendakian gunung yang bertanggung jawab, serta budaya dan perlindungan alam lingkungan
4. Mendukung kegiatan pemuda-pemudi indonesia ikut berpartisipasi dalam ikut berpartisipasi dalam kegiatan prestasi pendakian gunung
FMI (Federasi Mountaineering Indonesia) akan mengimplementasikan Misi melalui kegiatan bidang-bidang yang ada dalamnya, yang membuat rekomendasi, kebijakan yang ditetapkan dan dilindungi atas nama para pendaki gunung di Indonesia
Federasi Mountaineering Indonesia, 2005

 Makna Loggo FMI

federasi-mountaineering-indonesia-loggo
loggo FMI


 * Warna merah adalah: Simbol dari warna bendera negara, serta semangat, kekuatan dan persahabatan yang erat dari semua penggiat mountaineering di Indonesia.
* Sebuah puncak gunung yang mencuat diantara dua gunung yang mengapit, menggambarkan bahwa FMI sebagai pusat/induk dari semua kegiatan yang diwadahi.
* Tiga buah gunung adalah inisial huruf “M” (em) dari huruf depan Mountaineering.
* Sebuah garis di bagian atas adalah bahwa FMI berada di negara yang dilalui oleh garis equator/khatulistiwa.

 Kegiatan

 Kegiatan yang pernah diadakan oleh FMI pada awal-awal pendiriannya antara lain:
siaga-bencana-coremap-lipi-fmi
Training o trainers siaga bencana FMI-Coremap LIPI
keterangan foto:
-seminar jelang 2 abad meletusnya tambora diadakan di lt dasar LIPI  pada tanggal 22-april-2006
-Training of trainer Siaga Bencana kerjasama FMI dan Coremap LIPI pada agustus 2006 
-Mountain Run Lomba Mountain Trail Run – IVC 2013
-Pendakian 7th summit.
-Mountaineering Skill Race ( MSR )  – IVC 2013
-dll
 kronik:
berikutnya adalah hal-hal yang sedikit masih dalam ingatan saya,. saya tidak menghadiri pertemuan sarasehan pendaki gunung namun di ajak untuk membantu kepengurusan dan mengetuai salah satu biro dalam FMI.maka tulisan ini di persembahkan bagi mereka yang telah berjuang mengorbankan waktu,tenaga dan biaya untuk membangun dan membesarkan sebuah organisasi nasional yang melindungi dan memayungi pecinta alam seluruh indonesia.saya mohon maaf apabila salah dalam penyebutan nama atau jabatan disebabkan hanya mengandalkan daya ingat juga karena saya sudah lama tidak aktif di organisasi.
pada awalnya kantor fmi berada di duta merlin menumpang di sebuah ruko milik ayah dari dwie B astuti lalu pindah ke kantor lipi dimana bapak Murti Martoyo.SH yang kebetulan menjadi salah satu penasehat.
orang-orang yang terlibat aktif dan menjadi pengurus pusat saat itu diantaranya:
-Jodie alexander tirie
-Murti Martoyo
-Opa david dari organisasi paragliding
-Don hasman
-Alif
-Dwie B astuti
-Connie Ivonne
-Rahmat Abbas (beserta rekan2 dari bima NTB)
-wisnu rimbu wiryawan
-harley bayu sastha
-Hendri Agustin
-dr,Siswo P Santoso (dr cico)
-Arya Agni
-bpk Tri (Wanadri)
-Raditya padmawangsa
-Tulisan ini didedikasikan untuk para penggiat kegiatan alam bebas pendaki gunung atau mountaineers seluruh indonesia,teman-teman yang saya sebut diatas juga untuk organisasi yg mendukung terbentuknya sebuah organisasi Nasional di bidang mountaineering dr FPT,Arus liar,paragliding dll.

0 Response to "mengenal Federasi Mountaineering Indonesia"

Post a Comment